Tanggal 8 Desember diperingati Sebagai Hari Apa? Simak Now !

by

Tidak banyak yang tahu tanggal 8 desember diperingati sebagai hari apa, jadi ayo kita simak secara detail disini.

Desember merupakan bulan dengan urutan ke-12 pada sistem kalender tahun Masehi yang sangat dinantikan banyak orang karena berada di penghujung tahun. Siapa sangka jika bulan Desember mempunyai beberapa kejadian terpenting yang tengah terjadi salah satunya pada tanggal 8 desember diperingati sebagai hari bersejarah bagi seluruh dunia. 

Daftar Peristiwa Unik yang Terjadi Pada Tanggal 8 Desember

Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap tentang rangkuman peristiwa khusus di bulan Desember pada tanggal 8. Yuk, langsung ikuti dan simak informasinya dengan baik agar kamu tidak penasaran!

1. Hari diperkenalkannya Kue Brownies 

Di Amerika Serikat, terdapat hari kue brownies yang populer dan selalu dirayakan setiap 8 Desember. Tujuan awalnya adalah memperkenalkan pada dunia seputar brownies yang dijadikan sebagai hidangan penutup. 

Sejak itulah, chef terkenal dan handal yang ada di Amerika mencoba menciptakan brownies dengan cita rasa nikmat. Setelah dunia mengenal brownies sebagai kue coklat yang lezat ini, hingga kini kue tersebut sukses menjadi makanan favorit khususnya sebagai penutup yang disukai banyak orang.

2. Hari Festival Nepal Udhauli Parva

Nepal sangat kaya akan peninggalan budaya dan tradisi yang terkenal yaitu festival tahunan Udhauli Parva. Acara ini berlangsung pada bulan Mangsir tanggal 8 desember diperingati sebagai hari perayaan resmi dari festival terbesar di Nepal. 

Puncak acara festival bernama Udhauli Parva ini ketika malam bulan purnama tiba. 

Tujuan dilaksanakannya acara Udhauli Parva adalah menyambut kehadiran musim dingin di Nepal sekaligus merayakan pergantian musim yang ada di Nepal. Jenis kegiatan selama berlangsungnya acara festival yaitu menyanyi, menari, serta mengucapkan syukur atas kenikmatan kehidupan di alam semesta..

3. Hari Lahirnya POM TNI

Berada di bawah naungan Komando Panglima TNI, secara resmi pihak TNI menyatakan bahwa 8 Desember sebagai hari kelahiran POM TNI. Penentuan tanggal dan bulan ini berdasarkan atas Surat Keputusan yang diberikan langsung oleh Panglima TNI. 

Hingga saat ini, Panglima TNI bersama dengan POM TNI memfokuskan kegiatan pada tugas merumuskan kebijakan. Terutama aturan resmi dari Kepolisian Militer dan sistem penyelenggaraan tugas maupun fungsi pokok TNI yang terus ditingkatkan. 

4. Hari Purnama Pemeluk Hindu di Bali

Penduduk Bali yang beragama Hindu melaksanakan aktivitas ibadah yang diikuti dengan mensucikan diri. Upacara Sembahyang secara khusus ini berlangsung tanggal 8 desember diperingati sebagai hari Purnama. Seluruh warga Bali berbondong-bondong menghadap Sang Hyang Candra. 

Makna dari kegiatan ibadah di hari Purnama yaitu bermanfaat untuk menemukan kebahagiaan sejati dalam kehidupan. Terlepas dari itu semua, seluruh dosa-dosa selama hidup yang sudah dilakukan akan hilang dan berganti dengan aura kesucian yang baru.

5. Hari Bodhi Umat Budha di Jepang

Bodhi adalah hari suci yang ditetapkan oleh umat beragama Budha setiap 8 Desember. Hari Bodhi dimaknai sebagai hari besar dalam rangka mengenang perjuangan Sidharta Gautama dalam mencari pencerahan. 

Perayaan dari hari Bodhi ini sering disebut dengan hari Rohatsu. Masyarakat Jepang yang beragama Budha menganggap hari Bodhi sebagai hari yang bermanfaat untuk berbagai kalangan dan mampu membuat kondisi rohani seseorang jadi lebih segar.

6. Hari Ibu di Negara Panama

Panama mempunyai tradisi besar tersendiri tepatnya tanggal 8 desember diperingati sebagai hari ibu. Hari besar yang berlangsung di Panama tersebut merupakan simbol dari bentuk rasa kasih sayang dan cinta pada seorang ibu. 

Seluruh penduduk Panama sangat antusias dalam merayakan hari ibu pada tanggal 8 Desember. Bahkan, Pemerintah Panama sendiri menetapkan tanggal 8 Desember sebagai hari libur penting untuk merayakan hari ibu nasional. Kemeriahan hari ibu di Panama terlihat dari perjalanan menuju gereja yang dilakukan oleh setiap keluarga. 

Penutup

Demikianlah penjelasan seputar artikel tanggal 8 desember diperingati sebagai hari perayaan besar nasional di dunia bersama nilai historisnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda secara maksimal ya! Nantikan artikel menarik lainnya yang ada disini ya! 

About Author: Avery Henderson

Gravatar Image
Halo! Saya Avery Henderson, seorang penjelajah dunia yang juga seorang blogger penuh semangat yang sedang mengembangkan blog pribadi saya. Melalui blog ini, saya berbagi petualangan saya dari sudut pandang yang penuh warna, serta mengeksplorasi keberagaman budaya yang menakjubkan di sepanjang perjalanan saya.

No More Posts Available.

No more pages to load.